My New Campus : STMIK AKAKOM

Minggu, September 08, 2013

Bismillahirrohmanirrohiim..

Alhamdulillah, siang tadi udah mengikuti PESONA (Pengenalan dan Orientasi Studi AKAKOM) untuk mahasiswa baru angkatan 2013. Pelaksanaanya tanggal 6-8 september. Tapi karna berhubung saya ini mahasiswa alih jalur alias transfer (dari d3 ke s1) dan mengambil kuliah sore, maka saya hanya diwajibkan mengikuti yang hari ini saja, 8 Septermber 2013.

Ok, yuk nilik kampus baru saya. Ada apa disana? Bagaimana profilnya? Mengapa saya memilih berkuliah disana? Dan apa saja sih yang menarik dari kampus ini ? Mari kita kuliti #ehh, kupas #ehh, bahas maksudnya :)


Profil AKAKOM
STMIK AKAKOM ini sendiri sudah berdiri terhitung mulai 1 Maret 1983 dengan nama Akademi Aplikasi Komputer(AKAKOM), kemudian dengan melalui beberapa kali perubahan hingga akhirnya berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 262/DIKTI/Kep/1992, AMIK AKAKOM diubah bentuknya menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AKAKOM yang membuka program sarjana dan program diploma.

Saat ini program sarjana mempunyai program stusi Teknik Informatika dan Sistem Informasi dengan status akreditasi B dan pada program diploma mempunyai 3 program studi yaitu Manajemen Informatika (status Akreditasi B), Teknik Komputer(status Akreditasi C), dan Komputerisasi Akuntansi (status Akreditasi B).



Mengapa AKAKOM ?
Saat akan melanjutkan kuliah ke jenjang S1, saya sudah melakukan survei ke beberapa perguruan tinggi di Kota Jogja, dan pada akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan studi di AKAKOM, mengapa ? Jujur, yang pertama karna dekat dengan lokasi kost saya #ehh. Sekedar info saja kost di daerah sini (Janti) masih terbilang cukup murah dan makanan juga banyak dan murah. Dekat JEC, dekat Ambarrukmo Plaza (Amplaz), dekat Flyover Janti (yang kalo malam berubah jadi tempat wisata kuliner, kalo pagi juga biasanya ada bubur ayam dan soto lamongan, banyak juga sih), dekat gembira loka, mau ke kusumanegara juga dekat. Good Locationlah untuk saya. Lingkungan masih sepi, tapi ke kota juga dekat.

Melihat profil akakom, saya lumayan tertarik pada jurusan yang akan saya ambil, Teknik Informatika dimana akreditasinya adalah B. AKAKOM juga sudah berdiri cukup lama, dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang memadai, saya rasa kampus ini cukup bagus dan menarik. Ini faktor pertama yang saya pertimbangkan.

Kedua, di AKAKOM ada kuliah untuk sore, untuk kelas pekerja. Jadi Bapak, Ibuk, Mas/Mbak, yang mau kuliah sambil kerja, seperti hal nya saya, bisa melakukannya disini. Perkuliahan dimulai pada sore hari, setelah kita selesai bekerja. Dan katanya sih, kuliahnya cukup ringan :)

Ketiga, yah, Biaya kuliah disini juga tidak terlalu mahal, standart saja. Dan untuk mahasiswa alih jalur, biaya sumbangannya hanya 50% dari biaya total, dan lagi, pembayarannya bisa dicicil 4x dalam setahun. Nah, kan.. pas banget buat kalian yang mau kuliah + kerja ? :)

Ada apa saja di AKAKOM? 
Well, kalo di AKAKOM ya, sudah pasti seperti kampus2 yang lain, ada kantor pusat, ada ruang kuliah, ruang presentasi, laboratorium komputer, perpustakaan, career center, study club  dan berbagai faslititas lainnya. Ada banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) disana. Diantara nya : KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik) , Boxer, Kesenian, Basket, Menwa, dan lain-lain :D

UKM yang menarik?
Nah.. kalo UKM yang menarik, yaa.. sepertinya saya tertarik dengan UKM BOXER, Apa ya itu? haha :D Di kampus saya yang dulu, UNS, engga ada. Baru tau ini juga ada UKM Boxer. Kayanya sih tarung2 gitu, tapi belum tau detailnya :D Haaha, boleh deh kapan2 nonton latihannya :D Seru yaa pasti :D

Minat, kemampuan dan prestasi saya ? 
Oke, pertama, kenalan lagi dulu yaa.. Nama saya Feni Fauziah, 21 Tahun, alumnus Program Diploma 3 Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2012. Setahun terakhir ini saya bekerja sebagai Web Developer di salah satu perusahaan software developer di Yogyakarta. Mengurusi berbagai web internal seperti idwebhost.com, adsensecamp.com, promotioncamp.com, diskon.com, carapedia.com, chat.co.id dan masih banyak lainnya. Minat dan kemampuan saya ? Jelas, saya berminat pada dunia programming, dan terus mengembangkan kemampuan saya dalam coding. I'm Programmer, and do have life. Programming itu menyenangkan dengan banyak pembelajaran, beda kalo kita engga mau belajar, hasilnya : coding akan terlihat sangat mengerikan :P

Prestasi saya ? Saya tidak tau ini bisa disebut prestasi atau tidak. Tapi semasa kuliah di d3 TI UNS, saya pernah menjadi Asisten Dosen pada berbagai mata kuliah untuk semester 3 dan 4. Diantaranya : Pemrograman Dasar (menggunakan pascal), Konsep Basis Data, Object Oriented Programming (OOP) dasar dan OOP lanjut (dengan Java). Saya juga memiliki sertifikat JENI pada tahun 2012 :D Kemudian, pada semester 6, proposal yang saya ajukan untuk PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) alhamdulillah lolos DIKTI, kemudian setelah Monev ( Monitoring dan Evaluasi  ) oleh DIKTI, saya juga lolos untuk PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) XXV yang diadakan di Kota Yogyakarta bulan Juli 2012 untuk PKM bidang Pengabdian Masyakarat dengan judul "Implementasi Aplikasi KMS (Kartu Menuju Sehat) Berbasis Web di Kelurahan Jebres Surakarta". Sebuah aplikasi berbasis web yang saya bagun menggunakan framework CodeIgniter yang berguna untuk mencatat rekam data Posyandu setiap bulannya, dengan penyajian laporan yang lebih mudah, akurat, tepat dan praktis bagi para Kader Posyandu dalam melakukan rekap laporan yang akan diajukan ke Kelurahan dan Kecamatan setempat di setiap kegiatan posyandu. Aplikasi ini yang kemudian saya kembangkan menjadi Tugas Akhir saya sebagai salah satu syarat menyandang gelar Dimploma (A.Md).

Untuk artikel2 mengenai IT, silahkan ke : http://mylovelycode.wordpress.com
*maaf terpisah, memang untuk berbagai artikel mengenai IT saya sediakan web khusus, yang sudah saya isikan dengan beberapa tulisan saya*

Welcome, and enjoy..!! :) Happy reading :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Wow, salut banget lihat prestasinya. Eh, Akakom sama Amikom itu beda yah fen?

    BalasHapus
  2. waaa,, itu ga seberapa mas >.<
    jauhlah sama njenengan.. :D
    beda mas :D hehe, kalo AMIKOM lokasinya d depan kampus UPN :D

    BalasHapus

mari meninggalkan jejak :)

Instagram

Subscribe