Tips and Tricks Mengikuti Seleksi CPNS Kementrian Keuangan

Rabu, September 06, 2017

Well, akhirnya nulis juga. Dan topiknya malah kaya gini, haha. Sejak kapan gw nulis tips n trick? seleksi cpns lagi, hahah.. Dulu, sebenernya engga pengen banget jadi PNS, wong saya masih kuliah S1. Hanya saja, klasik, waktu itu disuruh orang tua dan lagi, dari dulu tergila-gila sama Kota Tua!


Well, kenapa akhirnya menulis ini?  Yang isinya gak nyambung banget dengan content blog saya?

Ada dua alasan untuk itu;

Satu, karena sudah ada penguman rekrutmen cpns di lingkungan Kementrian Keuangan dan mulai banyak teman yang bertanya, jadi saya rangkum saja disini, agar yang lain juga bisa membaca.
Dua, karena dulu waktu rekrutmen sempet baca-baca tulisan di blog yang juga menceritakan pengalaman seleksi cpns kemenkeu. Saya rasa sedikit banyak itu sangat membantu saya. Dulu, wacananya saya juga ingin menuliskan pengalaman saya, agar juga dapat berguna bagi orang lain. Tapi selama ini hanya wacana, nah mumpung banyak yang tanya, jadi saya realisasikan sekalian! Hhe

Detail pengumuman rekrutmennya disini ya: 

Semua yang saya tulis disini adalah murni berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi saya, so, nggih sampun mekaten~*apasih malah nyanyi, ketauan penggemar via valen T.T

Oke skip aja, biar sesuai judulnya jadi saya mulai dengan tips-tipsnya.


1. Persiapkan semuanya dengan baik

Ya, persiapkan semuanya dengan baik. Di tahap awal, akan ada seleksi administrasi. Disini kita hanya diharuskan mendaftar akun untuk pendaftaran dan mengunggah file-file yang diminta, seperti Scan Ijazah, Transkrip Nilai atau yang lain yang diperlukan. Nah semua persyaratan disiapin dengan baik dan lengkap, tiba waktunya daftar semua file dah siap dan kita tinggal upload-upload aja. Jangan sampai salah file yah! Cek lagi! (ingat pengalaman pribadi pas daftar Fungsional PNS, ga lolos karena salah upload *ga ngecek file sih wkwk. Seingat saya dulu juga banyak yang gugur di seleksi administrasi, bisa disebabkan berbagai hal, filenya salah, tempat uploadnya tidak tepat atau mungkin alasan lain, mengenai berkas yang kita miliki. Jadi persiapkanlah dengan baik tentunya akan lebih baik.

2. Baca, pahami dan patuhi semua detail persyaratan dan peraturannya

Baca pengumuman dan petunjuknya baik-baik. Ikuti semua aturan dan prosedurnya. Sebagai contoh: diharuskan mengunggah soft file scan ijazah terakhir, berarti ya ijazah, bukan SKL (Surat Keterangan Lulus) itu belum bisa (dari yang saya baca di ig nya @kemenkeuri yaa) Lalu, dikatakan .pdf max 300kb, maka buatlah demikian. Kemenkeu memang terkenal dengan rajin dan disiplin, taat peraturan, apalagi ditempat saya. 2 minutes before meeting, on time banget! Seragam rapi dan sepatu hitam, sopan santun dan menghormati atasan. Dikatakan datang 30 menit sebelum tes, ya datanglah minimal 30 menit sebelum tes. Dituliskan bahwa memakai pakaian rapih dan bersepatu,  ya jangan akai sendal. Nilai-nilai Kementrian Keuangan yang ditanamkan salah satunya adalah: Kesempurnaan! Oh ya, pelajari yah nilai-nilai kemenkeu, penting! Baca informasi-informasi penting juga mengenai kemenkeu ya!

3. Fokus!

Fokus yang saya maksud disini juga agar fokus untuk step by step seleksinya, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Fokus ke tahap yang kamu hadapi dulu saja. Misal mau test administrasi, ya siapkan persyaratan-persyaratan semuanya ya. Nah, ini, setelah submit langsung fokus ke test TKD nya. Setelah test TKD selesai, langsung persiapan buat test psikologi. Yang TKD gimanapun hasilnya, usah risaukan yang telah dilewati, kita udah usaha, perbanyak doa. Dan fokus ke test selanjutnya aja. Lah kan belum pengumuman? Gapapah. Waktu terus berjalan, kita tetap pada tujuan. Fokus! Entah nanti hasilnya lolos atau engga, positif thinking aja, lanjut persiapan psikotest. Begitu juga setelah psikotest, langsung prepare buat test wawancara *halah. heeh. Soalnya, jarak antara tes satu dengan yang lain biasanya jaraknya tidak panjang, hanya1-2 minggu saja, so, persiapkan dirimu dengan baik ya!
Jadwal pelaksanaan yang direlease, masih bisa berubah.

Tidak perlu risaukan : nanti wawancaranya gimana ya? atau kekhawatiran lain seperti nanti penempatannya dimana? kerjaannya bagaimana?  lembur-lembur ga? Kalau kamu belum memutuskan daftar kemenkeu, mungkin sedang pertimbangkan instansi lain. Tapi kalo udah mantep mau daftar kemenkeu, ga perlu risau lah ya. Sudah jelas : siap ditempatkan dimana saja! 

Bocoran dikit tapi, kalo lulusan IT, kami ada unit tersendiri untuk urusan IT, jadi ada kemungkinan lulusan IT akan ditempatkan di unit tersebut. Coding? Iya. Jaringan? Ada. Tata Kelola IT? Ya pasti ada!


4. Banyak latihan

Udah saya singgung sedikit di poin sebelumya. Kalau kamu udah lulus seleksi administrasi (insya Allah, kalau semua dokumen lengkap dan sesuai dengan detail permintaan dari kemenkeu, insya allah lolos) Nah, saatnya kamu mulai latihan soal-soal. Kalau dari pengalaman saya sih ga perlu juga sampai malam-malam begadang apalagi sistem kebut semalam. Saya ingat banget 2014 yang paginya saya test TKD, malamnya, karena masih dalam suasana lebaran qurban, saya masih bakar sate dikost teman saya! Begadang bukan belajar, tapi bakar sate! ahahahaha,,

Tapi sedikit-sedikit, dulu saya masih kerja dan kuliah, ya kalau ada waktu istirahat sambil pegang hape *isinya contoh-contoh soal, kalau tkd ya hafalan tentang pancasila, UUD ''45, sejarah, eh, nanti saya bagi rangkuman buat belajar~~ Sama banyak-banyak latihan soalnya. Saya dulu tidak membeli buku latihan TKD, yang saya dapat dari internet saja cukup untuk dihafal. Tapi kalau psikotest, saya beli bukunya, agak random. Lupa buku apa, saya cuma liat isinya, yang kira-kira mirip dengan tipe-tipe soal psikotest kemenkeu, saya beli. Ini untuk latihan, makin sering latihan, makin terlihat mudah dan utamanya kecepatannya meningkat. Ya, karena piskotest itu ada batasan waktu dan biasanya tidak begitu lama. Tapi dari hasil latihan, saya selalu bisa selesai mengerjakan sebelum waktunya selesai kok!

5. Ora et Labora : Berdoá dan berusaha!

Overall, tentu saja yang paling penting adalah doa dan usaha! Ikutin step by stepnya, banyak2 doa, banyak2 bersyukur, minta restu orang tua, insya allah, takdir Allah yang terbaik.

(Additional tips) dari temen saya, katanya dia semasa rekrutmen itu rajin-rajin aja mantengin threadnya kaskus. Jadi, katanya waktu itu ada thread di kaskus tentang rekrutmen ini, kadang sharing-sharing soal, tips-tips cara ngerjainnya, dll dkk dsb. Kalau saya pribadi sih engga, tapi kata temen saya itu useful kok, jadi bisa dicoba ^_^ threadnya mana? Aduh, karena saya ga ngikutin, jadi googling sendiri aja ya insyaa allah ada >.<

Link penting : 
Instagram : @kemenkeuri

Nah, di rekrutmen cpns Kemenkeu sendiri ini akan ada beberapa tahap, yaitu
  • Seleksi Administrasi;
  • Tes Kompetensi Dasar;
  • Psikotes;
  • Tes Kesehatan dan Kebugaran;
  • Wawancara yang diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana; serta
  • Pemberkasan.
Well, tentu saja saya pernah melewati semuanya (kecuali wawancara ya, soalnya saya waktu itu masuk dari D3) cerita pengalaman saya akan saya ceritakan di post selanjutnya saja ya! *bakal panjang soalnya hehe.

Note: yang mau latihan-latihan soal yang saya punya, bisa komen dan drop alamat email ya! nanti saya kirimin via email! :* yang mau tanya-tanya lebih lanjut juga bolehhhh, drop komen ajahh 

Postingan saya selanjutnya kapan? BESOK! Ditunggu yah!


UPDATE : pengalaman ikut seleksi kemenkeu tahap demi tahapnya sudah saya tulis dan post DISINI

Selamat membaca :)

Salam,

You Might Also Like

15 comments

  1. kak saya mau dong latihan soalnya untuk belajar, tolong kirim ke ayutriastuti45@gmail.com ya kak. terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  2. Kak boleh minta latiha2 soalnya? Masih punya kah? Kebetulan saya rencana mau ikut cpns 2018. Tolong kirim ke email dhiahasnaherda@gmail.com.
    Terimakasih😊

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya kak,
    Kalau boleh, bisa di share ke email saya untuk latihan soal-soalnya, hariswrtn@gmail.com
    Salam kenal kak,
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum ka salam kenal, terimakasih sudah berbagi pengalamannya, kalo boleh saya mau latihan soalnya dong ka hehe boleh di kirim email meiliawatiwulandari07@gmail.com. Terimakasih ka sebelumnya

    BalasHapus
  6. Terimakasih ka udah share pengalamannya.. bagi dong ka soal2 latihannya..
    nuraisah_uia.akt92@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Halo kak! Terima kasih sharingnya sangat membantu. Saya boleh dikirimin latihan soalnya? Kalau berkenan dikirim ke email ini ya tirshanny50@gmail.com THANK YOU!😀

    BalasHapus
  8. Halo kak! Terima kasih sharingnya sangat membantu. Saya boleh dikirimin latihan soalnya? Kalau berkenan dikirim ke email ini ya tirshanny50@gmail.com THANK YOU!😀

    BalasHapus
  9. Kak mau juga dong himamutmainnah@gmail.com terus linknya kok gak bisa dibuka ya kak yg versi lengkapnya.

    BalasHapus
  10. Hallo ka, terimakasih sudah berbagi cerita, sangat membantu sekali kak, kak kalo berkenan boleh dikirimin latihan soalnya ke alamat email saya ya ka, titamutia9@gmail.com #terimakasih banyak ya kak.

    BalasHapus
  11. kak aku mau dong terima kasih :)) annisaanurfadilah@gmail.com

    BalasHapus
  12. kak aku mau dong terima kasih :)) annisaanurfadilah@gmail.com

    BalasHapus
  13. Terimakasih kak buat sharing nya, saya boleh minta latihan soalnya? ariefifianosihana@gmail.com terimakasih kak :)

    BalasHapus
  14. Halo kak terimakasih atas share pengalamannya saya jg mau latihan soal-soalnya ya kak, nafilahfara@gmail.com

    BalasHapus
  15. Halo kak, terimakasih sudah share pengalamannya, saya juga mau kak dikirimi latihan soalnya ke dimasarie94@gmail.com
    Terimakasih.

    BalasHapus

mari meninggalkan jejak :)

Instagram

Subscribe