Tentang Open Trip dan One Day Tour

Rabu, April 20, 2016

Oke, waktu kita liburan pasti banyak pertimbangan yang kita pikirkan. Mau kemana? Berapa orang? Kapan? Kemana aja ? Apa aja yang perlu dibawa? Naik apa kita kesana dan lain lain  lain lain sampai akhirnya kita pada pilihan "mau sendiri apa pakai jasa agen travel"?

Well, kalau saya sih masih prefer sendiri, terutama karna saya biasanya traveling dengan satu atau dua orang saja, small group jadi kalo pake agen travel pasti mahal jadinya. Dan kalau sendiri itu bisa bebas kemana aja, kapan aja, sesuka kita. Tapi ada pilihan yang namanya open trip, apa sih itu open trip? Dan mengapa saya sampai bisa sampai memilih open trip? Seperti pada tulisan saya sebelumnya bahwa ketika saya ke pulau harapan saya menggunakan jasa tour dan memilih open trip.

Beberapa pertimbanganya itu sebagai berikut:
  1. Hemat, open trip itu gabungan makin banyak orang yang ikut makin hemat. Biaya yang kita bayarkan itu biasanya sudah incude semua kebutuhan dalam perjalanan, kecuali ada tambahan ya misal beli oleh-oleh atau mau njajan. Biasanya ada minimal kuota, untuk bisa dapat harga yang segitu murah.
  2. Tidak perlu repot mikirin itinerary. Karena semua udah diambil alih tour n travelnya, kita tinggal ikut jalan. Plus minus juga sih, enaknya kita tinggal ikut aja, gausah mikirin itin. Ga enaknya ya gabisa sebebas dan semau kita mau kemana dan berapa lama. Kadang biar menuhin itin, jadi keburu-buru dan nggak nyantai *bagi yang suka nyantai~
  3. Group member kamu gak banyak, mungkin cuma 2 atau 3 orang, atau mungkin, cuma kamu sendiri? Nah, misal kamu ke suatu tempat yang perlu sewa kapal misalnya, kalo small group kan patungannya lebih banyak, tapi kalo rame-rame bisa lebih hemat! 
  4. Tidak punya banyak waktu. Waktu kamu sedikit untuk melakukan perjalanan. Jadi kamu bisa milih alternatif ini, mereka yang menjadwalkan semua untuk kamu! Seperti saya sih, saya kan orang nya malesan, punya waktu cuma sabtu-minggu enakan pakai travel aja. Males ribet bikin itinerary. Nah, itu dia boy. Masih nyangkut juga sih sama nomer 3, intinya kamu lagi males banget mikirin soal itinerary.
  5. Ketemu teman-teman baru! Nah, ini yang saya suka. Bisa ketemu, ngobrol, main dan berbagi, sharing pengalaman sama orang-orang baru, teman baru, koneksi baru, semuanya baru. Dapet pelajaran baru lagi, seneng.  Dengan ketemu temen-temen baru, artinya kamu bisa seru-seruan bareng mereka! Asik!
  6. If you have short itinerary in your big itinerary. Kamu masih punya tujuan lain, itin di dalam itin. Misal, saya mau tour ke jakarta dalam seminggu. Salah satunya saya mau ke pulau seribu dan saya punya waktu cuma 2 hari disana. Nah ikut aja open trip biar asik. Atau, kamu lagi ada kerjaan di surabaya sampai sabtu, minggu kamu free dan kamu pengen ke kawah ijen. Sendiri? Mungkin bisa repot karna itu dadakan dan kamu gak tau jalan dan belum pengalaman. Ikut aja One Day Tour, yang bisa anter kamu kesana dan lebih efisien waktu! Iya efisien soalnya kamu gak perlu nyarik2 dan tanyak2 kayak orang bimbang #halah. Seperti teman saya yang lagi dinas ke Surabaya, mau ke Ijen dan akhirnya ikut One Day Tour dan disana bareng sama 3 orang bule dari Russia, asik juga!

Nah ga ada salahnya juga kok nyobain yang namanya open trip atau one day tour ko :) Lebih hemat biaya, bertemu teman dan pengalaman baru buat kamu yang suka bersosialisasi dengan baik ketika melakukan perjalanan :) Banyak ko, misal mau ke India, one day tour Ladakh ga akan bikin kamu kecewa! :D

You Might Also Like

0 comments

mari meninggalkan jejak :)

Instagram

Subscribe