Pesona Tersembunyi di Pulau Harapan

Jumat, April 08, 2016

Long weekend bulan februari lalu, 5-7 februari 2016, saya dan teman-teman liburan ke Pulau Harapan. Pulau harapan adalah salah satu dari sekian banyak gugusan kepulauan seribu. Lalu, mengapa kami memutuskan ke pulau harapan? Salah satunya karena katanya masih sepi, belum begitu ramai seperti pulau tidung atau pari. Dan lagi, pemandangannya juga indah, banyak view baru yang bisa kita temukan disana. Juga rekomendasi beberapa teman yang sudah pernah ke kepualauan seribu. Mereka mengatakan lebih asik ke pulau harapan, pulaunya banyak dan bagus-bagus.

Avatarnya Pulau Perak
Perjalanan kali ini kami memilih bergabung opentrip saja. Trip gabungan yang diselenggarakan oleh jasa tour and travel. Satu rombongan bisa sekitar 30 orang. Saya bergabung dengan dua teman saya, jumlah kami bertiga. Mengapa memilih open trip? Hey, tidak ada salahnya mencoba open trip. Selain lebih hemat biaya, juga bisa dapat banyak teman baru dan sharing cerita seru-seru. Dan masih banyak manfaat lain, simak tulisan saya lebih lengkapnya tentang open trip disini yah ^_^
Pagi kami berkumpul di dermaga muara angke, persiapan berangkat ke pulau harapan yang memakan waktu kurng lebih 3 jam. Jasa yang kami gunakan saat itu adalah http://www.indoribu.com/ mudah saja bergabung di travel tersebut, tidak perlu jauh-jauh hari. Saya pesan hari jumat, sabtu nya saya langsung berangkat! :D
rona bahagia mau snorkeling

Pulau yang pertama kami kunjungi, pastilah pulau harapan untuk ke penginapan dan makan siang. Setelah itu, saatnya kami explore keindahan pulau-pulau sekitar. Snorkeling time!
duhh, yang pertama kali snorkeling kepanasan :( pedih juga air lautnya
lalu saya ikut nyebur :D
Ada juga pasir timbul ditengah lautan, jadi kita berdiri menapak dasar laut, ditengah-tengah laut!
Setelah puas snorkeling, kami singgah di Pulau Perak, ternyata pemandangan di pulau ini sangat menarik. Kami coba explore pulau ini, puas bermain air, dan menemukan view-view indah seperti ini :) Asli, recomended banget pulau yang ini.

Sore telah tiba, matahari mulai bersiap tenggelam. Kami pun beranjak ke Pulau Bulat untuk menikmati terbenamnya matahari. Pulau bulat ini, menurut cerita pengemudi kapal, adalah milik keluarga Presiden Soeharto. Saat masuk kedalam pulau, saya menemukan rumah besar bernuansa jawa, ada semacam pendopo disana. Dan memang ada semacam tulisan bahwa memang pulau tersebut adalah milih Pak Harto. Nah, sunsetnya sendiri, dipulau ini, benar juga rupanya. Biar jingga yang dihasilkan sangat indah, bulat mataharinya pun terlihat, sayang pada saat itu sedikit tertutup awan. Tapi tidak mengurangi pancaran keindahan jingga yang bertaburan menabrak birunya langit sore itu.
that's how the sun sets
menjelang malam di pulau harapan
Keesokan harinya, kami mengunjungi satu pulau lagi, pulau itu adalah Pulau Bira. Pulau yang lumayan besar dibandingkan beberapa pulau yang kami kunjungi kemarin. Di pulau ini banyak terdapat pohon, iya pepohonan yang menarik perhatian saya. Disini juga banyak terdapat semacam pondok-pondok penginapan. Ternyata, banyak juga yang menyewa penginapan tersebut. Ohya dipulau ini, ada warung kecil jualan popmie! iyaaa, pop miee!! duh,, mana tahan habis main air, dingin, ya gorengan + pop mie + susu hangat lah yang cucok banget! Ahahaah, suegerrr~ Namun sayang sekali kami tak bisa berlama-lama disini, jam sudah menunjukkan pukul sebelas dan kami harus segera kembali ke pulau harapan, melanjutkan perjalanan pulang kembali ke jakarta muara angke.

Ahh, yang jelas liburan saya saat itu sangat menyenangkan. Refresh pikiran bersama teman, main air sepuasnya dan menikmati pemandangan yang indah-indah dan makanan yang enak-enak. Eh, cilor (cireng telor) Pulau Harapan tetap menjadi favorit saya! Cuma 1000 dan bikin saya jajan terus tiap hari tiap malam disana! Ahahahaha~ *faa