My Happy Long day - buat KTP- SIM - SNTK yang hilang

Sabtu, Januari 19, 2013

Huh, hah.. akhirnya selesai juga perjalanan panjang saya dengan serangkaian prosedur pembuatan identitas baru -___-
Iya, identitas. Dua minggu yang lalu, seseorang menyobek tas saya dan mengambil dompet saya yang berisi seperangkat identitas saya dan identitas motor saya serta uang tuani saya senilai tiga ribu rupiah. Lebih gampangnya sih kecopetan. Dimana coba tebak ? yapp, di daerah Bringharjo, yang memang terkenal tuh para pencopetnya, wih, pada profesional :D saya yang udah tau itu daerah rawan copet, tapi masih saja kecopetan, berarti saya yang kurang hati-hati ini :D
Jadi waktu itu temen saya yang dari Solo, dateng ke Jogja, niatnya mau nyelesain project animasi Flash buat Tugas Akhirnya, sekalian saya bantuin buat laporannya. Nah, minggunya kami  maen deh ke malioboro, belanja-belanja gak jelas dan gak penting, Muter-muter pula beberapa lamanya. waktu itu emang lagi rame banget weekend kan, liburan pula :D Singkatnya pas aku mau ambil motor di parkiran, wehh, temen saya kaget, tas saya sobek, saya nya lebih kaget, dompet saya lenyap. Saya kaget to ya, identitas saya mulai dari KTP, SIM, kartu alumni, dan identitas motor saya, si oyon.. ilang. Nah piee.. Tapi waktu itu saya pasrah, toh yang ngambil ndak mungkin mbalikin to? paling dibuang d tong sampah. Ya, tapi dalem hati kecil tetep berharap sih, moga dia dapet hidayah trus kembaliin dompet saya :D #ngareppp..
Langsung lapor pak Pos keamanan, saya speechless, ngga bisa berkata2, langsung dikasih surat pengantar ke kepolisian, langsung saya capcus ke polsek gondomanan dan dikasih surat kehilangan.. disitu temen saya rada takut, soalnya ada suara perempuan lagi nangis dan memohon-mohon "ampuun paaakk" begitu katanya, sumpah miris deh..
Tapi pas itu belum berhasil dapet surat kehilangan, soalnya kudu bawa BPKB, nah BPKB saya di sragen tuh. Jadi saya nitip sama mas andik, tetangga saya yang kuliah di Jogja. Eh, salah, Andi nggak pake K. Dia itu junior saya juga di SMA dulu, tapi tua'an dia ternyata, jadi saya deh yang panggil dia "mas"
10 Januari saya kembali lagi ke polsek Gondomanan, pas jam istirahat kantor membawa fotokopian BPKB dari mas andi, kemudian dibuatkanlah surat kehilangan untuk saya.
14 Januari saya ijin sehari dari kantor, buat ngurusin surat-suratnya, saya ngurusnya d Sragen. Mulai dari BPP-ngapain coba ke BPP? --" ituh, jemput Pak Soekarno, ayah saya. Jadi saya ngurus ini itu nya ditemenin Ayah tercintah, hehe. Jadi jemput dulu ke kantornya. Trus ke kecamatan, sampingan sama kantor Ayah saya. Itu juga lewat pintu belakang, jadi gimana gitu. Trus, di kecamatan, suruh minta surat keterangan ke kelurahan. Dikelurahan,, sama aja, isinya temen-temenya Bapak semua --" administrasi 5rb. Balik ke kecamatan, nunggu bentar, langsung foto, KTP langsung jadi, 9ribu.

foto didepan tempat buat sim, baru tau ada sejenis calo disana :O
 Lanjut saya ke Sragen, step selanjutnya buat ngurus SIM C saya. Setelah punya KTP baru, saya lanjut ke Polres Sragen, disana, saya diharuskan publikasikan kehilangan saya di RSPD (saya ngga tau itu kepanjanganna apa), yang jelas itu radio buana asri, haha. Saya disana cuma bilang sepatah kata "Kehilangan" nah itu ibuknya udah tau, tinggal ngasih copyan surat kehilangan saya dari polsek Gondomanan, 2 lembar, trus nunggu deh, 10 menit doang. Jadi 2, buat radio sama koran katanya. Total 25ribu. Yang satu 5ribu, yang satu 20ribu. Trus saya keluar, eh malah Ayah saya yang pergi, ga tau kemana. Tiba-tiba adik ada adik ini, yaudah deh, saya main dulu sama dia :D

Lucu ya dia ? hhe, ga berapa lama Ayah saya dateng, saya tanyakan darimana, dengan entengnya beliau jawab "Makan, soto kare" whooott,, apaan, saya aja kelaparan sedari tadi dan nungguin surat2 segala macem dan Ayah saya malah makan sendirian ? Saya nggak diajakk ??? huhuhuh :'( akhirnya saya njajan -___- Habis dari radio, saya ke tempat tilang, nah , disini saya ngurus surat yang menerangkan bahwa SIM dan STNK saya benar2 hilang dan tidak dalam sitaan polisi, ini juga pake surat keterangamn dari polsek Jogja tadi, satu lembar, ini sama ibu2 polisi yang badannya tinggi besar, tapi baik, lumayan ramah dan tegas. Administrasi 15ribu. Dari sini, saya diminta nyari surat KIR, letaknya di deket SMP 4 Sragen, trus langsung kesana, KIR tu ya saya kirain di test sama dokter, diperiksa apa gimana2, eh, ternyata, cuma pake surat keterangan SIM dari bagian itlang tadi, trus bayar 20rb, udah deh dapet surat.
Selanjutnya, saya kebagian tempat pembuatan SIM, sebelahnya bagian tilang tadi. Untungnya ya itu, sedari tadi saya modnar-mandir, tempatnya lumayan deket, masih satu wilayah kok. Trus disini saya registrasi dulu, dikasih formulir permohonan dan semacam form pembayaran gitu ya, saya kudu ngisi, dan harus ditaroh di map warna biru, ayah saya yang beli, sayanya ngisi, untung bawa bolpoint :D Sudah saya isi, trus bayar di loket BRI, 75ribu, untuk kasus kehilangan seperti saya, dianggepnya sama kaya perpanjangan.Trus masukin form dan kwitansi ke loket 2, nah ini sama ibu2 polisi, paruh baya. Dia ini cantik, baik, ramah, saya sampai terpesona. Tutur katanya halus, make bahasa kromo.
Disini, saya  saya tinggal nunggu sih, sebenernya prosesnya cepet, tapi antriannya yang lama, banyak banget yang ngurus SIM, baik baru maupun perpanjangan. Dan ingat ya teman-teman, budayakan antri :) Saya tidak keberatan menunggu lama :) Yang penting sesuai prosedur dan ngga ada yang nyerobot antrian seenak jidatnya aja. Saya ngatri kurang lebih 1,5jam, dari jam 12 nyampe jam setengah 2, pas masuk kedalem cepet kok, cuma foto, dan SIM saya jadinya juga cepet, ngga nyampe 10 menit udah jadi, hehe.. 

habis itu saya ke samsat, niatnya sih mau ngurus STNK, tapi ternyata udah tutup. Jadi batas masukin berkas itu jam 12, selebihnya udah ga bisa. Itu aja antriannya udah panjang banget. Trus pulang deh, dan karena ini, jadi saya masuk kantor seminggu make motor Ayah saya. Gapapa sih, saya ga keberatan, hanya saja motor Ayah saya itu platnya merah, dan AD pula. Sedangkan saya d Jogja, menggunakan plat merah, AD pula >.< kadang agak gimana gitu, tapi ya mau bagaimana lagi, motor saya harus dibuatkan STNK baru :-)

Hmm, jadi keinget lagi sama ibu polisi yang baik dan cantik di tempat pembuatan SIM tadi. Duh, ibu.. Coba ya semua layanan masyarakat itu kaya gini, kan ya enak to ngurusnya. Kalo di puskesmas ituh, bagian administrasinya jutek banget, judes, padahal cuma dikampung doang. Waktu itu saya nganterin ibu saya, ya namanya desa, paling deket ya puskesmas, duh, kenapa setiap pelayanan kesehatan itu judes semua, nggak dipuskesmas, medical center kampus, rumah sakit, hadeh --" padahal kalo ke dokter praktek, klinik, rumah sakit swasta tuh tenaga medisnya ramah2 semuahh.. Dan waktu dipuskesmas itu saya jengkel banget, petugas administrasinya marah-marah karena ibu saya ga bawa kartu periksa, dan nadanya ituh hloh, kaya marahin ibu saya, berani sekali diah, pengen tak sobek tuh mulutnya, ngomel-ngomel gag jelas, wong ibu saya dateng dalam keadaan sakit kok malah diomelin, tu setress kali ya ibunya. Pengen cabut aja waktu ituh. Padahal, pas ibu saya diperiksa, dokternya ramah banget tuh, baik , cantik dan menarik. Terus kenapa setiap bagian administrasi segitu sewotnya? ibu polisi aja yang polisi ngurusin bejubel banyak antrian ga segitunya, malah baik banget, nah ini cuma ada saya dan ibu saya kali ya, jadi bebas ngomel semaunya, ngeluh sana sini juga gak jelas. gak karuan. Kalo kaya gini , ya untuk selanjutnya tentu saja saya lebih memilih ke dokter praktek, klikik ataupun rumah sakit swasta. Biarpun memang lebih jauh, biarin, saya ga terima Ibu saya diomelin sama orang2 gak jelas yang ngeluh karna pekerjaannya yang katanya ribet ngurusoi data2 pasien, nah bukannya ituh tu tugasnyah? kenapa ga bersyukur aja dia masih punya pekerjaan dan masih bisa bekerja disitu? orang memang berbeda. 
Seandainya layanan masyarakat dari pemerintah itu baik dan ramah, tentu saja rakyat tak banyak yang mengeluh dan protes dengan berbagai macam prosedur yang katanya menyulitkan, kalo yang ngelayanin kaya petugas puskesmas itu, saya njalaninnya juga ndongkol, tapi kalo seperti ibu polisi yang ramah itu, antri 2jam pun tak apa, saya santai saja, pun pelayannannya kan juga baik dan cepat :)) tapi ada juag teman saya yang tanya, "hari gini masih percaya sama polish*t? hhaha, sya bilang iya, karna saya lebih tidak percaya dengan calo :P Udah deh, kenapa sih pada suka nyalah2in dan nyari kekurangan dan kejelekan prosedur yang berlaku yang katanya ribet dan cuma cari untung? Kenapa ga liat positifnya aja, jalanin aja, dan beres kan ? Kan ya ga semua police itu polish*t? :) Memang ada beberapa, dan mungkin lebih banyak ,tapi tidak semua kan ? yang membuatnya menjadi ribet itu pelayanannya, bukan prosedurnya.

Positif itu untuk selalu bersyukur.. :))

You Might Also Like

2 comments

  1. keep posting....
    apik ngono lho tulisanmu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaa >.< itu kalo cuma pas lagi pengen nyampah mbak >.<

      Hapus

mari meninggalkan jejak :)

Instagram

Subscribe