Kuliner Banyuwangi : Heavenly Nasi Tempong!

Senin, Maret 13, 2017

Ini postingan bermodal foto lama, haha. Masih dalam rangkaian saya jalan-jalan dengan rute Jakarta-Gresik-Surabaya-Banyuwangi-Jember-Situbondo-Banyuwangi-Ijen-Banyuwangi-Jember-Surabaya-Jakarta.
Nasi Tempong
Saat jalan-jalan di Kota Banyuwangi, rekan perjalanan saya katanya mau mencicip kuliner khas Banyuwangi. Dari hasil tanya-tanya sama resepsionis hotel Ketapang Indah, akhirnya kita dapatkan namanya nasi tempong. Jujur, pertama kali denger, namanya kok aneh ya, dan rasanya kok kurang menarik gitu. Tapi karena rekan saya ingin sekali mencoba, jadilah kita mencari salah satu warung yang menyajikan nasi tempong di Banyuwangi. Tidak begitu nyari nama warung makannya, tapi, mana aja boleh yang penting ada nasi tempongnya. Maka, setelah jalan ke pantai Brangsing, kami mulai mencari.

1. Sego Tempong Mbok Lely
Sego Tempong Mbok Lely
Pilihan kami akhirnya jatuh pada salah satu warung pinggir jalan, karena inilah yang pertama kali kami temui, hehe. Jika tidak salah ingat ini ada di dekat taman Sri Tanjung, ahh, namanya Sego Tempong Mbok Lely, Jl Piere Tendean A2, Banyuwangi. Ini jadi kali pertamanya saya nyobain kuliner khas Banyuwangi. Pertama ditanya langsung lauknya apa? Saya agak bingung, balik nanya "adanya apa aja?" | "Macem-macem mbak, ada ayam, lele, tahu, tempe, bakwan jagung.." | Kemudian saya pilih lele sedangkan rekan dan supir masing-masing pilih ayam.

Kami tak perlu menunggu lama, nasi tempong sudah tersaji di meja. Lengkap dengan es teh manis. Hmm, jadi ini nasi tempong, batin saya. Oke, kita bahas dari komposisinya dulu. Ada nasi putih, kangkung yang direbus jadi kayak lalapan, terong rebus, timun, dan kemangi. Ada sambel yang saya rasa porsinya lumayan banyak ya, hehe. Lalu tahu, tempe dan lauk yang saya pilih yaitu lele, dapat 2 ekor lele kecil. Seperti ini lah tampilan nasi tempong pertama saya itu:
Nasi Tempong + Lele
Daaan, rasanya? Ternyata enaaaak!!!!! Saya sukaaa banget sambelnya, iya, yang jadi ciri khas nasi tempong ternyata rebusan sayur dan cita rasa sambalnya yang khas. Pedes, tapi enak! Gimana dong XD Kalo boleh saya deskripsikan itu, pedas, manis, ada rasa jeruk sambalnya. Jadi seger. Hasil browsing sana-sini kurang lebih komposisinya cabe, tomat ranti, garam, terasi, jeruk sambal. Ntapps!

2. Warung Mbak Elok
Nah, tapi habis dari itu, jadi semacam nagih, pengen lagi pengen lagi, setiap makan bawaanya pengen makan ini lagi. Termasuk waktu saya ke Jember, sebelum jalan ke Taman Nasional Baluran, kami sarapan juga nyarinya nasi tempong. Jadi temen saya ngajak sarapan di Warung Mbak Elok, katanya juga warung makan favorite nya mas Angga. Disini, menunya macem-macem, banyak lauknya. Nah, tapi, defaultnya itu nasi tempong. Jadi kalau kita makan di rumah makan padang kan defaultnya dapat nasi, daun singkong rebus, timun, dan sambal kan? Nah kalau di warung ini defaultnya nasi, kangkung rebus, terong rebus, timun, dan sambal. Lauknya bebas. 

Warung Mbak Elok
Baru saya tau juga dari temen yang tinggal di Banyuwangi, ini kok namanya nasi tempong? Jadi, ternyata tempong itu adalah bahasa osing (bahasa yang dipakai masyarakat Banyuwangi) dan tempong itu artinya semacam "tampar" dan yang bikin khas memang sambalnya yang pedas, jadi pas makan saking pedasnya sampai serasa "ditampar". Dan di warung makan Mbak Elok ini, saya pilih lauknya ikan asin yang digoreng kering pakai tepung, asin dan gurih ditambah rebusan daun bayam dan sambal ranti, percayalah, ini kombinasi paling klop!


  

3. Warung Biru
Ketiga kali, saya makan malam di warungnya tantenya Mas Angga, lupa lokasinya dimana yang jelas sekitaran Banyuwangi kota juga. Kita makan ikan bakar, tapi ternyata gandengannya tetep yah, berasa makan nasi tempong. Kalau biasa kita makan ikan bakar, ayam, atau lele di warung lesehan kan biasa dapat lalapan paling timun dan kemangi, di warung saudaranya mas Angga ada lalapan kangkung  atau bayam rebus, timun, terong rebus dan lagi-lagi sambalnya yang khas itu XD Oiya ini menu makanan di warungnya mas Angga enak banget loh, cuma, lupa detailnya. Kalo inget mah, i would really recommend that
[UPDATE] Dari Mbak Putri, warung tantenya mas Angga itu Warung Biru yang beralamat di Jl. Kapten Piere Tendean, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi 68411. Kalau browsing soal warung ini, ternyata banyak banget yang mengulas dan mereka bilang highly recommended, sampe rela ngantri demi ikan bakar, udang, dan ayam bakarnya. Emang pas saya kesana lagi rameee banget dibawah, tapi karena ini tempat tantenya mas Angga jadi kita naik ke atas, di lt.2 dan tinggal duduk manis, mandi, sholat, istirahat sambil nunggu makan malam super enak ini! 
Di warung tantenya mas Angga
4. Warung Biru
Oiya, satu lagi warung nasi tempong. Kalau ini temen saya yang recommend, katanya mantep bener nasi tempong Mbok Wah. Katanya, nasi tempong satu ini highly recommeded! Waktu saya ke Banyuwangi juga dia menyarankan saya untuk mampir ke warungnya Mbok Wah, pengen banget nyoba sih, tapi apa daya, yang punya itinerary bukan cuma saya :D Kata teman saya, nasi tempong mbok Wah itu porsinya mantep, rasanya juga mantepp, pedesnya apalagi! Nempong banget! Seddaaap! Bikin huh-hah tapi juga bikin nagih! Nasi Tempong Mbok Wah alamatnya di Jl. Gembrung, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68431, Indonesia

Credit photo by : Adhitya Willy Wonnkkaa * Padahal ngeblur
Dari beberapa nasi tempong yang saya coba di warung yang berbeda, yang selalu saya ingat adalah rasa sambalnya yang enak banget! Cocok banget dah di lidah saya. Kan, lidah saya ketimuran kan T.T Makan nasi padang aja ga cocok XD Mungkin komposisi sama memang, tapi setau saya cita rasa terasi itu beda-beda? Tapi di Banyuwangi sampai Jember ini kok rasa-rasa sambalnya hampir sama, khas banget dah. Jadi suka, dan rasa-rasanya ga akan kecewa meski makan di warung mana saja. Atau perasaanku aja? Ih, makanya fen, makan aja kok pakai perasaan XD

5. Kuliner Lain di Jawa Timur
Nasi Krawu, Gresik
Oiya, selain nasi tempong saya juga sempat mencoba Tahu Walik, ini jajanan khas Banyuwangi, banyak ditemui di Taman SriTanjung, plus ada sempol khas Malang *kebetulan Bapak yang jual adalah orang Malang. Sempet juga nyoba Nasi Krawu di Gresik sama Ayam Gephok di Jember, ini mirip ayam sawut di Jogja. Bebek Sinjay juga sempet nyoba, tapi ini dibeliin temen pas jemput saya dari Stasiun Gubeng, jadi makannya dirumah temen XD Yaampun, dan ternyata enak banget XD Worth it! *apaan padahal beli juga engga, cuma tiggal makan. Dijemput di stasiun, dibawa pulang kerumah dikasih bebek sinjay, masih dianterin ke Bandara pulaaa, baik banget dah temen SMA inih, kebetulan suaminya juga customs di Kanwil Jatim II. Tapi, pokoknya, teteplah itu heavenly Nasi Tempong XD
Sempol

Tahu Walik
Oiya, terakhir, kalau mau cari oleh-oleh khas Banyuwangi sendiri kita bisa mampir ke Osing Deles, toko oleh-oleh dan souvenir khas Banyuwangi. Ada bermacam-macam makanan, tapi yang katanya enak adalah Kerupuk Kopi (nah kan kopi aja jadi kerupuk) terus saya juga beli lidi-lidian, ada yang pakai cabe ijo gitu, dan beberapa snack lain. Rasanya? Jangan tanya saya, saya cuma beli oleh-oleh dan bawa, enggak ikut makan XD Ini karena serangkai dengan kegiatan kantor aja jadi bawa oleh-oleh, biasanya ga pernah, maklum, light packer. Yang wajib saya beli biasanya adalah magnet kulkas dan gantungan kunci saja buat kenang-kenangan:)
Osing Deles

You Might Also Like

2 comments

mari meninggalkan jejak :)

Instagram

Subscribe